Saturday 16 April 2016

Kue Cucur dan Cara Membuat

Cara Membuat Kue Cucur 

Ibu saya kan dulunya jualan nasi, dan hampir setiap minggu, ibu saya selalu ke pasar untuk membeli bahan-bahan dan sayur-sayuran untuk berjualan nasi. Biasanya sehabis berbelanja di pasar, ibu saya sering sekali membelikan saya dan kakak saya kue getas dan kue cucur.

Kalau di kampung halaman saya namanya kue kucur, bukan cucur, tapi namanya saja kok yang berbeda. Resep sebelumnya yang pernah saya bagikan adalah resep kue putu ayu. Dan hari ini, kita akan mencoba salah satu resep kue tradisional, yaitu resep kue cucur yang lezat dan gurih :

resep cara membuat kue cucur


Bahan-bahan :

  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kayu manis

Langkah-langkah membuat kue cucur

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Siapkan mangkuk berukuran agak besar, masukkan tepung terigu, tepung beras, dan garam, kemudian aduk hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya, rebus gula jawa dan gula pasir dengan 100 ml air hingga larut. Jika sudah larut, diamkan sejenak hingga dingin. Tambahkan satu sendok makan kayu manis ke dalam adonan tepung.
  3. Tuangkan larutan gula jawa dan gula pasir tadi ke dalam adonan tepung, kemudian aduk selama 10 menit hingga tercampur rata. Setelah itu, diamkan selama kira-kira 1 jam 30 menit.
  4. Tuangkan adonan ke dalam wajan penggorengan yang telah dipanaskan sebelumnya. Goreng sambil minyaknya disiramkan ke tengah adonan, biar tengah-tengahnya menggelembung mirip seperti bentuk asli kue cucur. Jika sudah matang, angkat dari wajan penggorengan, dan kue cucur pun sudah siap dinikmati.

No comments:

Post a Comment

youtube