Wednesday 13 April 2016

Pesawat sampai ke bintang?

Jakarta - Mungkin inilah proyek luar angkasa paling ambisius dalam sejarah. Ilmuwan fisika mashyur Stephen Hawking, pendiri Facebook Mark Zuckerberg serta miliarder Rusia Yuri Milner, bekerja sama membuat pesawat yang dirancang bisa mencapai bintang.

Proyek ratusan juta dolar bernama Breakthrough Starshot rencananya akan membuat ratusan pesawat luar angkasa mini dengan berat beberapa gram. Masing masing dibekali kamera, power supply, perangkat navigasi dan komunikasi.

Dikutip detikINET dari CNN, sebuah roket akan membawa pesawat nano itu ke angkasa dan masing masing mengembangkan layar mini. Pancaran sinar laser powerful kemudian akan ditembakkan dari bumi dan akan membuat pesawat itu melaju sampai 20% kecepatan cahaya, jauh lebih cepat dari pesawat luar angkasa yang ada saat ini.

Sasarannya adalah Alpha Centauri, sistem perbintangan yang paling dekat dengan tata surya kita. Di sana, pesawat mungil itu akan mengumpulkan data untuk dikirimkan kembali ke bumi.

Pesawat luar angkasa saat ini mungkin butuh waktu sampai 30 tahun untuk mencapai sistem Alpha Centauri. Namun pelaku proyek ini yakin pesawat nano tersebut bisa terbang seribu kali lebih cepat dengan jangka waktu hanya 20 tahun.

Sinar laser untuk menggerakkan pesawat

"Hari ini, kami berkomitmen pada lompatan besar berikutnya di kosmos," kata Hawking. Bersama Zuck dan ilmuwan cerdas lainnya, proyek yang dipimpin mantan direktur NASA Pete Worden ini diharapkan menjadi kenyataan.

Memang banyak yang skeptis. Dan tantangan besar menghadang sehingga diprediksi butuh waktu lama dan biaya sangat besar, sampai USD 10 miliar, untuk menjadikannya kenyataan. Namun tim Breakthrough Starshot yakin teknologinya sudah atau akan tersedia dan mungkin dilakukan.

Mereka juga berencana mengundang ilmuwan terbaik dunia untuk membantu. "Kisah manusia adalah soal lompatan besar. Lima puluh tahun lalu, kosmonot Rusia Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di angkasa. Hari ini kita menyiapkan langkah besar selanjutnya, yaitu menuju bintang," kata Milner. (fyk/ash)

No comments:

Post a Comment

youtube